Kategori
Bata Tahan Api Ceramic Fiber Blanket Isolasi Panas Plastic Refractory Rockwool Semen Tahan Api/Fire Mortar

5 Persyaratan Bahan Refractory Berkualitas Terbaik

bata tahan api
bata tahan api

Refractory Berkualitas – Proses refractory di dalam bidang tertentu seperti pada bangunan oven harus memberikan manfaat terbaik. Untuk jenis bahan pada refractory harus memiliki fungsi serta persyaratan tertentu agar lebih tahan terhadap tekanan gas, bahan padat, hingga pengoptimalisasi Refractory Dry Out (RDO). Oleh karena itu pihak manufaktor bisa memberikan bahan-bahan terbaik dalam bidang refractory. Kombinasi bahan refractory sampai sekarang belum banyak dimengerti terutama dari syarat hingga karakteristiknya.

Setiap bahan pada refractory memang wajib memberi karakteristik lebih kuat sehingga bangunan oven memiliki kekuatan hingga tahan lama. Lalu seperti apa persyaratan bahan refractory berkualitas terbaik?

Persyaratan Bahan Refractory

Bahan-bahan refractory memiliki banyak karakteristik dimana sangat berguna untuk menentukan kualitas hingga menilai proktesinya. Berikut ini ada beberapa persyaratan pada bahan bata tahan api agar penggunannya lebih maksimal, diantaranya:

1. Tahan Terhadap Suhu Tinggi

Persyaratan pertama sudah jelas bahwa bahan-bahannya harus memiliki karakter tahan suhu tinggi. sudah menjadi sifat bahan baku refractory karena sampai sekarang penggunaannya cenderung di suhu tinggi.

2. Tahan Terhadap Beban

Pada saat proses perbaikan biasanya melakukan banyak perubahan dimana memberikan beban cukup tinggi terhadap satu bagian. Oleh sebab itu dari bahan refractory terbaik harus bisa tahan terhadap beban.

3. Mampu Menghemat Panas

Selain mampu tahan terhadap suhu tinggi, bahan-bahan refractory wajib mampu menghemat panas secara maksimal. Suhu tinggi sudah pasti tersaji dalam sebuah oven berukuran besar, maka setiap bahan wajib memiliki sifat menghemat panas lebih maksimal.

4. Tahan Perubahan Suhu Mendadak

Berikutnya ada karakteristik setiap bahan terbaik refractory yakni mampu menahan perubahan suhu mendadak. Rata-rata pada sebuah oven seringkali menghadapi suhu mendadak biasanya berupa penurunan suhu sampai naiknya suhu secara mendadak.

5. Refractory Dry Out Optimal

RDO atau Refractory Dry Out merupakan treatment pembakaran awal untuk mengurangi senyawa cair. RDO dilakukan untuk memaksimalkan sifat atau fungsi dari material refractory tersebut. Umumnya yang sering di treatment RDO adalah material semen tahan api. Karena semen tahan api masih terkandung beberapa cairan, itu yang mengharuskan RDO dilakukan. Berbeda dengan material bata tahan api. Bata tahan api bisa dibilang material tanpa RDO di lokasi pemsangan, karena RDO sudah dilakukan di awal produksi bata tahan api. RDO yang optimal akan berpengaruh besar dengan hasil yang di harapkan.

Ketika Anda menentukan hingga melihat kualitas bahan refractory maka dari fungsi sampai karakteristiknya harus dikenali secara maksimal agar nanti aplikasinya tidak menimbulkan masalah.

Baca juga:

Plastic Refractory (Material Tahan Panas Berbahan Plastik)

Fire Mortar (Semen Tahan Api/Panas)

Fire Brick (Bata Tahan Api/Panas)

Rockwool

Sell Fire Brick/Bata Tahan Api JABODETABEK

Jual Semen Tahan Api JABODETABEK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *